Tuesday, July 22, 2014

Cara Root Asus ZenFone 5 tanpa Error OTA Update

// // 130 comments

Banyak sekali yang belum tau kegunaan root di Android, ada yang menganggapnya akan merusak HH bahkan muncul kekhawatiran-kekhawatiran yang akan timbul di HH. Kalau saya sendiri, root itu sangat penting bahkan wajib untuk saya. Tepat tiga hari setelah Hands-On Asus ZenFone 5 dengan sedikit terpaksa saya root HH saya. Sebelumnya saya tidak punya niatan untuk melakukan rooting HH ini, akan tetapi situasi yang sangat mendesak yang memaksa saya melakukan root.



Pada saat itu, saya sedang mencoba untuk terkoneksi dengan jaringan Wi-Fi kampus. Wi-Fi tersebut menggunakan sistem proxy untuk login. Ketika saya mencoba menyeting proxy di menu advanced, ternyata hanya bisa login di browser bawaan saja. Tidak ada koneksi di PlayStore dan aplikasi yang lain. Padahal saat itu saya mau update beberapa aplikasi. Akhirnya saya pakai cara lama saya, yakni menggunakan ProxyDroid. Akan tetapi aplikasi ini membutuhkan akses root, dengan sedikit terpaksa akhirnya saya melakukan rooting di HH saya dan sedikit googling ketemulah tutorialnya di Kaskus.

Kenapa harus root?
Seperti yang saya bilang, ada beberapa aplikasi penting yang membutuhkan akses root. Bahkan jika HH ingin aman, kita bisa backup data dengan Titanium Backup yang juga membutuhkan akses root. Tetapi ini hanya direkomendasikan untuk yang sudah tau manfaat root dan bisa menggunakannya.

Apakah setelah root tidak akan merusak OTA Update? Katanya banyak yang error setelah root dan melakukan OTA Update.
Nanti akan saya beritahu caranya dan cara itu work 100% di HH saya.

Berikut tutorial rootingnya.

Bahan

Langkah-langkah
  • Buka Settings - Security, kemudian centang Unknown Resource.
  • Matikan jaringan internet baik itu WiFi atau data, atau lebih mudah ubah ke modus penerbangan.
  • Install bahan yang telah di download.
  • Buka Root Zenfone, centang Do not ask . . . kemudian pilih OK.
  • Pilih SuperSU (by Chainfire), lalu pilih tombol Root.
  • Tunggu hingga Demonstration Mode selesai, lalu muncul pesan You have activated this demo devices OFFLINE successfully.
  • Lakukan Restart HH Anda.
  • Tunggu sampai HH Anda nyala kembali.
  • Setelah nyala, masuk ke RootZenfone lagi. Jika diminta akses SuperUser, maka HH Anda sudah diroot.
Catatan : Jangan uninstall aplikasi RootZenfone.

Tutorial ketika melakuan OTA Update
  • Masuk ke Settings - About Phone - System Update - Check Update. Jika ada update terbaru, nanti akan muncul notif updatenya.
  • Pilih Later dulu, kemudian masuk ke RootZenfone lagi.

  • Pilih Perserve ROOT after upgrade (Click this before apply OTA update). Kemudian nanti muncul pesan, pilih saja OK/YES.
  • Setelah itu buka notif updatenya dan lakukan download hingga install OTA update.
  • Jika berhasil, maka HH Anda tidak akan terkena demo mode dan ketika Anda membuka aplikasi RootZenfone maka tampilannya akan tetap seperti gambar di atas.

Bagi yang ingin root Zenfone 5 di versi KitKat, silakan ikuti tutor yang ini : http://kamalnote.blogspot.com/2015/02/cara-root-asus-zenfone-5-versi-kitkat.html

Semoga bermanfaat :D

Sumber : http://www.kaskus.co.id/post/53b41fb2d44f9f4a068b4814#post53b41fb2d44f9f4a068b4814


130 comments: Leave Your Comments

  1. gan . gw pake zenfone 5 . sering ad tulisan com.asus.server.snm, itu kenapa ya ? main game juga sering keluar sendiri ? gimana tuh solusiny ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ane mlah srg mncul asus ez launcher tlah berhenti..bingung apax yg slah

      Delete
    2. Kalo uh indtal app, pakai superuser jgn supersu, kalo pakai supersu ribet dan ada tulisan asus demo trus

      Delete
  2. Sya blm trlalu tau gan.. kmren smpet gitu sembuh sndiri.. mngkin ada apps lain yg crash sama bloatware nya zen5..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya udh ke setting-about-system update, gak nemuin update terbaru, tpi apps rootingzenfone ada msh ada tuliasan upgrate OTA, maksudnya gmna ya ?

      Delete
  3. Gan,itu work gag untuk firmware yg 1.15. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Work 100% di HH saya gan.. :D

      Delete
    2. Untuk fw yg 1.16 bisa gag gan ?

      Delete
    3. Gan punya saya kok ga bisa ya.? Saya juga udah coba banyak footer alhasil sama aja failed juga gan, saya pake zen5

      Delete
    4. Yam# sama saya juga failed

      Delete
  4. Replies
    1. Cara unroot nya gmna?
      Tolonglah

      Delete
    2. Buka rootzenfone pilih unroot

      Delete
    3. Gan saya pakek zenfone5 saya kan lgi update saya lupa gk masuk ke rootzenfone dulu.. pdhal udh tk root gimana nih solusi.a gan trus root.a saya gk aktif lagi... tolong gan bantuan.a terimakasih...

      Delete
  5. Solusi jika masuk demo mode gimana gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa PM di fb gan.. mngkin 2/3 hr lg sy buat tutor di blog ini.. klo mndsak tnggal pm aja..

      Delete
  6. Thanks gan tutor nya....di jajal dulu ni...

    ReplyDelete
  7. gan, kalau cara unroot gmn? jaga2 kalo mau klaim garansi

    ReplyDelete
  8. G bs upgrade ota gan..gmma ya,nyantol di asuslivedemo.odex..
    Dah saya unroot,g bs jg upgrade ota..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan hubungi saya di fb
      http://www.facebook.com/meethen

      Delete
  9. Tolong lah broo..
    Bagaimana cara unroot nya..
    Masak setelah di root performance makin berkurang..
    Ditambah lagi mau reset semua data gak ada..
    Hedddeeeeeecchh..
    Apes..
    Padahal dulu pingin banget hh ni diroot..
    Tapi setelah di root malah pingin di unroot..

    ReplyDelete
  10. Gan .. accept saya di grup fb donk .. newbie

    ReplyDelete
  11. Udah berhasil nih gan, makasih ya :)

    ReplyDelete
  12. Gan ane udah terapin cara diatas, tapi pas reboot malah masuk ke menu yg pake volume up down itu (ane gatau namanya)
    Disitu ane pilih reboot device dan hh nyala lg kyk biasa, tp updatenya gagal, jadi fw ane msh sama kyk sebelum update
    Trus pas check system update ternyata msh ada itu update yg tadi ane mau coba
    Sejauh ini ane udh uninstall bbrp aplikasi bawaan macem mirror, webstorage, movie studio, dll

    Ada solusi gan?
    Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo file systemnya dihapus update ota akan selalu error gan.. hrus update manual.. coba kembaliin app (bawaan) yg diuninstall.

      Delete
    2. Mas, ane udah root dri dulu bngt, tpi blm tau gmna uninstall aplikasi bawaannya, gimenong c caranya??

      Delete
    3. Mas, ane udah root dri dulu bngt, tpi blm tau gmna uninstall aplikasi bawaannya, gimenong c caranya??

      Delete
  13. Sudah rooting tapi kok WIFI nya on melulu... ada solusi ndak??

    ReplyDelete
  14. HH sy udh. 1.16. lalu saya root dan sukses. Trus sy priksa lg dpt updatan lg stlh sy lakun cra d atas. Tp stlh d instsal. Mlh gagal updatex. Terdapt prmberitshuan your divice is recverry by sistem. Smpai hh ana d unroot dan kmbli k penhatutan pakbrik. Dan wipe reset. Tp tetep gagal updsyex. Ad sosulusix g gan. Trmksh

    ReplyDelete
  15. Gan punya saya kok ga bisa ya.? Saya juga udah coba banyak footer alhasil sama aja failed juga gan, saya pake zen5

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kalo ngikut cra di atas normal aja sprti yg udh brhasil..

      Delete
  16. Waaah makasih banyak gan, nice share :D . Ane mau nyoba.

    ReplyDelete
  17. Berhasil dalam beberapa menit, hehehe. Thanks ya gan, thanks juga buat link kaskusnya. Moga sukses selalu :D

    ReplyDelete
  18. Keren Blognya......dan Bermanfaat Juga.....
    Master... tlg liat blog saya...kira2 dah lumayan bagus ga ??? krn saya masih newbie...
    alldriver.blogspot.com
    thanks master....

    ReplyDelete
  19. Gan saya pakek zenfone5 saya kan lgi update saya lupa gk masuk ke rootzenfone dulu.. pdhal udh tk root gimana nih solusi.a gan trus root.a saya gk aktif lagi... tolong gan bantuan.a terimakasih...

    ReplyDelete
  20. gan ane mau tanya.kalo usb otg zen5 support ga?ada yang bilang harus rooting dulu?mohon pencerahannya gan

    ReplyDelete
  21. Update v 1.17.40.16 zen5 dah bs otg kok

    ReplyDelete
  22. punya ane koq update ota gagal trs gan?cuma sekali pas update dari FW 1.15 ke 1.16 bisanya.setelah itu tiap ada update FW ga pernah bisa alias gagal update trs,padahal aplikasi bawaan jg ga ada yg dihapus.sulusinya gimana gan?

    ReplyDelete
  23. Kok ane failed ??
    Wifi nya jd idup terus n kalo ngunci layar video demo nya muncul terus ??
    Gmna cara nya kembali sperti smula ato factory reset ?? :"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kaya punya saya gan, punya saya masalahnya juga gitu.
      Gimana nih solusinya?
      Apa harus di bawa ke Asus Center atau di Flash ke konter?

      Delete
  24. Setelah ane tekan oke pada preserve root after upgrade kok ga muncul notifikasi updatenya ya gan ? Trus download buat instal OTA update nya gimana ?

    ReplyDelete
  25. Gan ini ngilangin notifikasi asus ini gimana ?

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. kayaknya pk app yg di install td. ada pilihan unroot

      Delete
  27. Saya update tp kelupaan pilih "preserve root after update" jadi setiap update OTA eror melulu, bagaimana caranya balikin lagi?

    ReplyDelete
  28. Mas, saya pake zenfone 5 . sering ad tulisan sayangnya proses com.asus.server.snm telah terhenti", itu kenapa ya ? main game juga sering keluar sendiri ? gimana tuh solusinya. Please mas.

    ReplyDelete
  29. Aplikasi facebooknya koq gak bisa digunakan ya bro...tau gak gmn cara mempergunakannya???

    ReplyDelete
  30. Gan mo nanya nih... zenfon 5 ku knp ya... setiap kali sering tampil notifikasi read contact kya whatapp. Bbm. Dan aplikasi lain yg mmbutuhkan kontak sellalu ada peringatn yg mungcul padahal sudah d klik dont show this again .... gimna solusinya... trism

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, saya juga punya masalah yg sama, sering tampil notif read contact dll. bikin sumpek aja. Di Build Number saya tertera ASUS_T00F_WW_user_1.96.40.50 tapi pas mau di update via OTA yg versi WW gk bisa baca nih HP. Tulisan system update available nya gk ada. Mohon solusinya gan.. makasih

      Delete
    2. iya gan hh ane juga sam nih sering muncul notip gitu, gimana ni solusinya ..

      Delete
    3. Punya Ane juga gitu gan ... Apa Mungkin android kita Palsu Gan. Kan di situs Asus Versi terakhir 1.18 punya Kita V1.96

      Delete
  31. Gan ane bru bli zenfone 5, cek via cpuz acces root yes, ane coba update via ota ktnya uptodate, pdhl masih versi ww.1.11 , via manual ane coba error juga, ktanya tipe sku :cchu
    Tu gmn y gan, mohon bntuannya gan, thx sebelumnya.

    ReplyDelete
  32. Broo..
    Apakah zen5 yg sudah di root gak bisa dapat update sistem baru?

    Masalahnya saya belom pernah dapat update sistem..

    ReplyDelete
  33. Akhirnya zenfone 5 saya dapat update kitkat 4.4.2 bro..

    Walau gak dapat pemberi tahuan..
    Update manual.

    ReplyDelete
  34. zenfone 4 ane selalu muncul "sayangnya, ASUS Demo telah berhenti."
    terus ane install BBM udda mau masuk eh tiba2 keluar sendiri, setelah itu aplikasi BBM nya pun hilang di homenya..
    Mohon Pencerahannya gan, ane bener2 bingung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reset ulang bos..
      Kayak punya saya..

      Delete
    2. Reset ulang bagaiman bos,,saya udah berapa kali factory reset tetap aja kek gitu..mohon infonya

      Delete
  35. boss kalo intalation failedwith status 1 gimana??

    ReplyDelete
  36. oh ia frimware saya yang paling jadul soalnya saya beli bulan juli uda saya root skarang masih di frimware 1.14 saya sudah download frimware kit kat tapi pas instalation dia error intalation failedwith status 1 di semua update yang saya coba

    ReplyDelete
  37. Klw sudah di root ky nya gk bisa update OTA
    Mesti update manual #pengalaman
    Kmren dpet update kitkat jg pke manual cz kga ada notif dri asus... :)

    ReplyDelete
  38. gan klu memori eksternalnya 0.00b gmana tuh ? saya cek di komputer memorinya msh bgus, setelah saya masukkan ke hh asus Z5 malah datanya 0.00b ? tolong gan yah...

    ReplyDelete
  39. Gan zenfone 5 saya sering muncul perintah koneksi internet setiap buka galeri, bagaimana ya gan cara menghilangkan perintah koneksi otomatis seperti itu. Thx gan sebelumnya

    ReplyDelete
  40. si bos yg punya blognya ilang padahal lagi rame tulisannya ��
    sekalian saya mau tanya nih kali apa di baless
    PENTING: Asus kan banyak kendala. nah tentu kalo di root kan kita ga bisa di servis senternya. satu"a di unroot. tapi unroot itu biasanya cuma nghapus sistem rootnya. ga sampe semuanya... kalo pengen ampuh di flasing. nah pertanyaannya.. kalo udah di root terus di unrootnya langsung ke flasing ajj gimana tuh gan...? soalnya katanya ada beberapa merek hape kalo sekali root wlwpun di instal ulang segala macem bakalan ke tauan. nah buat asus sendiri gimana gan. kalo di unroot garansi bisa balik lagi gak.? terimakasih ��

    ReplyDelete
  41. Kenapa root ane failed gan..ada solusi ?

    ReplyDelete
  42. Tanya gan
    Gimana cara root ulang setelah hh nya di unroot
    Mohon masukannya

    ReplyDelete
  43. Punya saya malah gk bisa di root

    ReplyDelete
  44. Masalahnya di aplikasinya gak ada tulisan root nya gan,hp ane asus zenfone 5 yg 4G LTE,chipsetnya bkan intel gan,tp quadcore

    ReplyDelete
  45. Gan kok di zenfone saya bilangnya failed terus, tolong solusinya

    ReplyDelete
  46. iya, sama seperti komentar diatas

    failed........

    ReplyDelete
  47. gan, ane pake asus zenfone 5, pengen upgrade facebook yang versi baru, tapi gak bisa, masalahnya versi yang ane pake lelet banget, di delete aps nya pun gak mau, kira kira gemana solusinya?

    ReplyDelete
  48. kok eror gan pas milih superSU lalu pilih root kok failed itu gmna ?

    ReplyDelete
  49. Di Zenfone 5 KitKat work gak gan?

    ReplyDelete
  50. Bos saya punya second 5. Saya root ga bisa. Tulisan yg muncul. Failid...
    Tolong bantuannya bos

    ReplyDelete
  51. Bos saya punya zefone 5. Saya root tidak bisa. Tulisan yang muncul failid....
    Tolong bantuaan nya bos...

    ReplyDelete
  52. Saya sdh ikuti tutorialnya tapi failed

    ReplyDelete
  53. cara unrootnya gimana gan
    Please...

    ReplyDelete
  54. Itu kitkat apa masih jellybean ?.

    ReplyDelete
  55. org bodoh bisanya cuma copas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa agan bisa buktikan kalau saya copas? Ini asli tulisan saya.. sumber bahannya pun saya tulis..

      Delete
    2. siang agan kamil....zeny..ane sudah kitkat...engga bisa di root yaa..gan..berarti ini hanya untuk versy jelybean.....thanks nasehatnya...gan..

      Delete
    3. Masih bsa diroot.. tp gk pkek tutor yg ini

      Delete
  56. Failed Jugaa gan :(

    ReplyDelete
  57. selalu failed gan, ada solusi ?

    ReplyDelete
  58. kalo yg root buat kitkat gmna gan?? kalo tutor diatas kan buat JB...

    ReplyDelete
  59. gan mau nanya, saya sudah root tapi ko wifi nya jadi nyala terus dan tiap layar mati selalu ada demo, kenapa ya? tolong saya bingung banget

    ReplyDelete
  60. Failed juga gan,,,dulu pernah root,,,,trus unroot,,,root ulang kluar failed,,,,knapa gan,, tolong info nya

    ReplyDelete
  61. Fuck you, bullshitt, blog copy paste !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silakan tunjukkan bukti kalau saya copy paste.. jika ternyata tidak ada bukti, jangan salahkan saya jika terjadi apa apa..

      Delete
  62. eeeehhhh kok malah ribut,,,,gmana nih gan failed terus tiap X root dulu pernah root&unroot alhasil root ulang ya failed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk versi kitkat buka link berikut

      http://kamalnote.blogspot.com/2015/02/cara-root-asus-zenfone-5-versi-kitkat.html

      Delete
  63. Cara menghilangkan demo offlinenya bgmn ya...???

    ReplyDelete
  64. Gan,, ane newbie pake zen5...
    Ane bingung kok file ane tiba2 hilang yah??? File foto, video sama lagu... padahal di micro sd...
    Ane jg kagak pernah hapus file..
    Apa back up???
    Kalo ke back up, ambil filenya lg dmn???

    Mohon pencerahan... :D

    ReplyDelete
  65. asus 4 gw jd risih.mode offline terhenti terus :
    help meeeeee

    ReplyDelete
  66. asus 4 gw jd risih.mode offline terhenti terus :
    help meeeeee

    ReplyDelete
  67. Broo.. temen2 saya semua kok dapat update otomatis.. lah saya gak ada.. gimana ini?
    Kasih solusi dong.. monggoo..

    ReplyDelete
  68. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  69. Yg punya zenfone 6 yg sudah brhsil d root ada gk.?
    Ada mslah2 gk di zenfone 6 kalian stlh d root.?
    Trimksihh...

    ReplyDelete
  70. Tolong pencerahan kalian yah... apa ada mslah stlah zenfone 6 d root.?

    ReplyDelete
  71. Gan tolong....... punya saya zenfone 4 jelly bean koq tulisan nya failed...:( Reply gan !!!!

    ReplyDelete
  72. Mau dapat gem Clash of Clans, diamond get rich, diamond hay day, dan masih banyak lagi dengan mudah tanpa survey dan root? Ini caranya

    1. Download aplikasi Whaff Rewards di playstore
    2. Setelah ke intsall buka appnya
    3. Seteah di buka klik tombol login, login ajaa pake akun facebook kalian
    4. Abis itu ada kotak invitation code
    5. Masukan kode AK92284
    6. Setelah masukan kode diatas kalian bakal dapet $0.3, lumayan kaan, kalian tinggal ngumpulin deh sampe 12$
    7. Cara ngumpulinnya gampang, tinggal invite orang lain atau download aplikasi yang ada di app tersebut
    8. Setiap download aplikasi kalian akan mendapat hadiah sebagai reward, hadiahnya bisa $0.17sampe $0.66 tergantung app nya
    9. Setiap hari kalian pun akan mendapat reward bila setelah di download aplikasi tersebut tidak di uninstall lumayan kaan setiap hari uang kalian bertambah
    hehehe
    10. Setelah terkumpul $12 baru deh kalian bisa tukerin ke voucher google play (domisili harus united state)
    11. Nah kalian bisa beli gem CoC. Coba dulu bro jangan nyerah duluan, ngumpulin $12 cepet kok, gk cuma buat gems juga lho, bisa juga untuk aplikasi/games berbayar di playstore, atau juga bisa untuk pay pal, steam gift card, facebook gift card, amazon gift card, macem macem deh pokoknya tergantung gift cardnya hahaha. Cape sih tapi klo udah menikmati hasil pasti enak deh, coba liat world rank keren ya. Menggiurkan sekali kan? Oh iya jangan percaya yg bilang code premium, semua code dapetnya $0.3

    -Selamat Mencoba-
    Jangan lupa share trik berguna ini ya

    ReplyDelete
  73. semoga saja saya berhasil mencobanya gan

    ReplyDelete
  74. Gan make apk root zenfone kenapa failed ya

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)