Saturday, October 4, 2014

Mengatasi Permasalahan Zenfone 5 Gagal Update ke KitKat

// // 17 comments

Kamis, 2 Oktober 2014 kemaren merupakan hari yang sangat dinanti-nantikan oleh para pengguna Zenfone 5. Pasalnya pada hari itu tepatnya sekitar jam 6 sore, update KitKat yang ditunggu-tunggu akhirnya muncul juga. Waktu itu saya belum sempat melakukan update karena terbatas koneksi.



Sesambil membaca chat teman-teman di grup membuat saya barhasrat untuk segera melakukan update OTA. Akan tetapi banyak yang masih terkendala, terutama Zeny yang sudah diroot. Hal itu membuat gagalnya update, sedangkan Zeny saya juga telah terroot. Saya berfikir positif saja dan optimis tak akan ada gagal update.

Keesokan harinya, saya mencoba untuk update ke KitKat, saya harus menunggu sekitar 1 jam karena koneksi internet yang lambat. Akhirnya tiba saat yang ditunggu-tunggu, proses upgrading. Ternyata saya juga mengalami kegagalan. Sedikit panik karena telah banyak kuota yang hilang. Akhirnya saya menunggu sampai sore hari dan mencoba bereksperimen dan mencari koneksi wifi yang cepat. Saya coba dari unroot hingga factory reset. Ternyata tak menghasilkan apapun. Akhirnya saya putuskan untuk update manual, karena waktu itu OTA sudah tidak tersedia update lagi. Tetapi hal yang sama terjadi dan saya mulai sedikit prustasi. Akhirnya saya mencoba membaca pesan error dari gagal update tadi. Saya mencoba ini itu dan akhirnya Zeny saya bisa upgrade ke KitKat plus terroot.

Mungkin teman-teman pembaca mengalami hal yang sama dengan saya. Saya bisa simpulkan, kegagalan update bukan karena Zeny telah terroot, tetapi karena rubahnya sistem oleh aplikasi yang meminta akses root, seperti Xposed, Viper4android, Dolby, dll. Karena aplikasi-aplikassi tersebut mengedit isi file sistem.

Lalu bagaimana solusinya jika gagal update?
Coba menguninstall driver yang telah diinstall oleh aplikasi-aplikasi tersebut kemudian uninstall aplikasinya.

Untuk lebih jelasnya silakan ikuti langkah-langkah berikut.

BAHAN

Langkah-langkah
  1. Install RootZenfone 1.5r agar rootnya dapat tembus ke KitKat
  2. Masukkan file firmware dari PC ke memori internal, kemudian rename menjadi UL-ASUS_T00F-WW-2.19.40.6-user.zip
  3. Cabut kabel data, nanti akan muncul notif update.
  4. Buka rootzenfone, aktifkan survival mode.
  5. Lakukan update.
  6. Lihat kode errornya, lihat baris ke-6. File tersebut harus diganti dengan file yang asli. Coba minta ke teman Anda, karena saya sulit mendapat koneksi internet. :D
  7. Untuk mengganti file sistem, silakan langsung dipush dan ganti permissionnya menggunakan root explorer. Misal error di /system/etc/audio_effects.conf, minta kepada teman Anda file tersebut dan copy ke /system/etc/ kemudian replace dan ganti permissionnya seperti file disekitarnya. Untuk hal ini rwxr-xr-x.
  8. Lakukan langkah ke 2-7 hingga update sukses.
  9. Setelah sukses, masuk ke superSu, nanti minta untuk root ulang.
  10. Langsung reboot Zeny dan buka kembali superSU. Dan cek dengan root checker.
  11. Selamat menikmati KitKat rooted. 

Jangan lupa untuk hati-hati bermain di file sistem. Jika Anda keberatan melakukan cara ini, silakan mengunakan cara yang satu ini tetapi file lebih besar.

Bahan
  • Firmware KitKat 4.4 T00F
Langkah-langkah
  1. Unroot bagi Zeny yang sudah terroot
  2. Lakukan factory reset
  3. Download bahan di atas lewat PC dan masukkan ke memori internal
  4. Cabut HH dan lakukan update.
Selamat mencoba, jangan lupa DWYOR. :D


17 comments: Leave Your Comments

  1. bisa di aplikasikan di zenfone 4 tidak?
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Gan ane minta file di "debuggerd" letaknya di system/bin/debuggerd .
    Ane error disitu gan . Help ya gan thank sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gan ane juga ngalamin masalah yang sama di file debuggerd, mohon share info nya kalo udah teratasi

      Delete
    2. Gsn mnt bntuanny.udh update tpi untuk jringn bsanya kok 2g/edge untuk k 3g gmn?udh pkek cra gni .*#*#4636#*#* gak bsa di rbh jdi 3g/Wcdma only

      Delete
  3. gan kalo frimware saya OTA 1.14 bisa langsung di upgrade ke kit kat????

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara ke 2 ga bisa gan uda factory reset pas proses update malahan instalation failed with status 2

      Delete
  4. Saya gagal juga gan...hh udah diflashing dan unroot...tapi tetep aja gagal instal versi kitkat malahan ada check integrity firmware bla bla...solusi nya gmn gan ? Mohon info ke email saya nuhun

    ReplyDelete
  5. gan punya saya masih 1.12 bisa lgsung ke kitkat gak ?

    ReplyDelete
  6. apakah rootzenfone 1.5r bisa dipakai nge ROOT zeny sesudah upgrade keKitKat gan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah pemikiran kita sama.

      Benar rootzenfone 1.5r bisa dipakai setelah zeny ter-upgrade ke kitkat tidak gan?

      Delete
    2. Tidak bisa gan, klo di kitkat hrus root via PC

      Delete
  7. bos, error di assert failed apply_patch_check("/system/app/PlusOne.apk ...
    gimana solusinya ya ?

    ReplyDelete
  8. gaan, ane sama nih errornya di system/etc/audio_effects.conf, kalo boleh ane minta dong file aslinya.. kayaknya kita sama gara2 install Viper4android.. temen ane ga ada yg punya zenfone soalnya..
    kirim ke email ane aja gan ke achmad.satriyo@gmail.com..
    makasih gan sebelumnya..

    ReplyDelete
  9. Bro bisa gak firmware itu di paket ke hp lain?

    ReplyDelete
  10. Terima Kasih banyak gan.. Ini sangat membantu

    ReplyDelete
  11. punya ane eror di com.asus.quicksearch..
    bleh minta file dari agan" yg baik hati..
    trima kasih

    ReplyDelete
  12. Help..
    ada yg bisa bantu saya gan?
    Saya butuh file "audio_effects.conf" orginal T100F

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)