Sunday, February 8, 2015

Cara Root Asus Zenfone 5 versi KitKat

// // 7 comments

Setelah beberapa bulan Asus Zenfone 5 mendapatkan update KitKat, akhirnya muncul permasalahan baru. permasalahannya adalah banyak pengguna yang tidak bisa melakukan root pada versi KitKat ini. Pada versi sebelumnya yakni JellyBean, sangat mudah sekali untuk melakukan root. Hanya dengan aplikasi yang bernama ZenRoot semuanya selesai dalam hitungan menit. Tetapi aplikasi ini tidak berfungsi pada Zenfone 5 versi KitKat.

Banyak sekali teman-teman pembaca menanyakan cara root di Zenfone 5 versi KitKat, dan mungkin baru kali ini saya bisa menjawabnya karena koneksi yang tidak memungkinkan sehingga saya tidak bisa update blog setiap harinya. Tetapi tak usah khawatir bagi yang tidak bisa melakukan root di versi KitKat dengan ZenRoot, karena sudah ada solusi untuk root nya. Yakni dengan cara manual via PC.


Apa resikonya?
Sebenarnya kita tak perlu memikirkan resiko jika kita ingin melakukan root pada Android kita. Karena resiko itu pasti ada dan mungkin mengerikan bagi yang belum pernah melakukannya. Jika terjadi kesalahan, resiko paling ringan yaitu bootloop dan paling parah yaitu softbrick dan hardbrick.

Kenapa harus diroot?
Itu kembali kepada diri kita masing-masing. Kita akan melakukan root bertujuan untuk apa kita harus tau. Karena jika kita tidak tau, maka kita tidak bisa menggunakannya. Root biasanya hanya dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar mengerti fungsi dan tujuan penggunaanya.

Lalu, bagaimana caranya?
Oke, langsung ikuti caranya beikut.


Bahan
Tutorial
  1. Install USB Driver For Intel Android Devices di PC, jika gagal install USB Driver, sebagai gantinya silakan install PC Link di PC.
  2. Extract file RootZenfone5KitKat.
  3. Aktifkan USB Debugging dengan cara buka Settings - About - Software Information - klik Build Number 7 - 8 kali.
  4. Buka lagi Settings - Developer Option, centang USB Debugging.
  5. Hubungkan Android dengan PC dan tunggu sampai Android terdeteksi oleh PC.
  6. Buka folder hasil extract RootZenfone5KitKat, klik dua kali CheckBeforeAction.bat.
  7. Tunggu hingga Android masuk ke bootloader.
  8. Buka lagi folder root, klik dua kali Root-ZenFone5-en.bat.
  9. Ponsel ASUS Zenfone 5 akan restart selama beberapa kali (sekitar 6 kali) selama proses root berlangsung, jadi harap bersabar. Proses root berlangsung hanya beberapa menit saja.
  10. Kalau sudah proses sudah selesai, tunggu beberapa saat lalu klik EnterShell.bat untuk tes apakah proses root berhasil
  11. Setelah klik EnterShell.bat, pada layar komputer akan muncul command prompt, Anda tinggal ketik su lalu tekan enter. Tunggu beberapa saat dan perhatikan layar ponsel. Kalau pada layar ponsel ada muncul superuser / notifikasi, klik: Grant. Kalau ponsel sudah ter root akan ada tulisan: Root Sucsess.
Unroot
Untuk cara unroot sama seperti cara disatas, hanya saja pada langkah ke 8 yang diklik dua kali adalah file UnRoot-ZenFone5-en.bat

Jangan lupa Do With Your Own Risk (DWYOR).
Selamat mencoba dan semoga sukses.


Sumber : https://www.facebook.com/notes/official-lounge-asus-zenfone-5/tooltutorial-root/793574800708036


7 comments: Leave Your Comments

  1. gan... ane pas abis ngetik su nya... di hh ane tungguin gak muncul notif ny... itu knapa yak??
    trus pas ane cek system/app.... ada app superuser.apk tapi size ny 0,0kbb gitu gan
    turus gmna tu gan solusi nya... ane gagal mulu nih

    ReplyDelete
  2. Mantap gan,zeny ane sukses,100% work..

    ReplyDelete
  3. jika versi kit kat ini sudah root, apakah masih bisa update OTA gan ..??

    ReplyDelete
  4. supersu installation failed please reboot itu kenapa ya?

    ReplyDelete
  5. kenape kalau saye taip su pada prompt terakhir, prompt itu mengatakan 'not found'... saya sudah root, tetapi apabila saya melihat di aplikasi root checker, dia mengatakan saya belum root zenfone saya~~

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)