Thursday, May 1, 2014

Problem "Unfortunatly gallery closed" di Andromax U LE

// // 11 comments
Sekitar 3 bulan yang lalu, HH saya terindikasi problem "Unfortunatly gallery closed". Di mana HH saya tidak bisa digunakan untuk membuka aplikasi kamera, baik aplikasi bawaan ataupun aplikasi pihak ketiga seperti Camera 360, CyberShot, dll. Hal ini membuat saya bingung dan bertanya sana-sini. Bayangkan, HH berspek di atas rata-rata tidak bisa digunakan untuk mengabadikan gambar itu rasanya sangat janggal dan aneh. Tetapi saya tidak begitu saja menyerah, saya browsing dan menemukan cara-cara mengatasinya. Tetapi semua cara tersebut hasilnya nihil. Walaupun ada cara-cara tertentu yang berhasil, tetapi setelah HH reboot akhirnya tetap kembali lagi "Unfortunatly gallery closed".

Akhirnya saya pasrah dan membawa HH saya ke Gallery. Setelah 3 minggu berselang, saya hampiri lagi HH saya dan dengan senang hati kamera di HH saya kembali normal. Kemudian langsung saya coba untuk update firmware. Akan tetapi penyakit "Unfortunatly gallery closed" kambuh lagi. Akhirnya saya serahkan ke Gallery lagi. Dengan demikian saya mendapat beberapa indikasi tentang penyakit ini.

Saya memiliki beberapa tips untuk Anda yang HH-nya berpenyakit seperti saya. Tetapi ada beberapa HH yang tidak separah HH saya, artinya beberapa step di bawah ini mungkin bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

CARA PERTAMA
Penyebab :

  • Permission dari driver kamera yang salah.
Solusi :
  • Masuk ke CWM (harus CWM)
  • Lakukan wipe cache dan wipe dalvik
  • Pilih advanced.
  • Pilih fix permission.

CARA KEDUA (jika cara pertama tidak membuahkan hasil)
Penyebab :
  • File driver Kamera atau aplikasi Kamera dari Custom ROM yang salah atau belum disesuaikan dengan Andromax U LE.
Solusi :
  • Flash stock ROM
  • Caranya bisa dilihat disini.

CARA KETIGA  (jika cara kedua tidak membuahkan hasil)
Penyebab :
  • Terjadi kesalahan di aplikasi Kamera.
Solusi :

CARA KEEMPAT (jika cara ketiga tidak membuahkan hasil)
Penyebab :
  • Sering digunakan ketika HH dalam kondisi panas. Seperti penggunaan secara berlebihan ketika charging.
Solusi :
  • Satu-satunya solusi hanya bisa dibawa ke Gallery, karena IC Camera telah rusak akibat kepanasan. Atau bisa dibilang kalau hardwarenya bermasalah.
  • Jika sudah mengambil kembali HH, jangan pernah mengupgrade atau merubah ke Custom ROM agar tidak kambuh lagi penyakitnya. Tetapi Anda masih bisa melakukan rooting.

Seperti itulah keempat cara yang saya ketahui. Semoga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan penyakit yang sulit taklukkan ini. Jika Anda memiliki cara yang lain, silakan berkomentar dan saya akan masukkan ke dalam postingan saya.


11 comments: Leave Your Comments

  1. CARA KELIMA (jika semua cara hasilnya tetap nihil) : JUAL

    ReplyDelete
  2. Itu maksudnya di push di apain ? Kalo gak di root gimana rubah permissionya ? Makasih bro

    ReplyDelete
  3. tetep ga bisa gan.. udah bingung nih ane sama kameranya..

    ReplyDelete
  4. kmaren tak bawa ke gallery katanya yg kena boardnnya disuruh ganti kena 1,25jt... alhasil ga jadi diservice hehehehehe

    ReplyDelete
  5. Gan kalo boleh tahu itu galery smartfren mana ya? Soalnya galeri di kota saya pelayanannya buruk.

    ReplyDelete
  6. itu yang cara ketiga udah di push ke system/app aplikasi kameranya malah ilang. udh di reboot jg tetep ga ada

    ReplyDelete
  7. gan kira" kalo ganti IC camera berapa ya ?
    kalo ada kartu garansi terus mau ganti tuh IC berlaku gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ganti 300rb untuk IC cameranya, cuma umurnya 1thn, yang penting klo mau awet ya jangan di mainin pas di charging.. karna panas nya yang bikin IC rusak

      Delete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)