Sunday, January 27, 2019

Chromecast Macet di Fetching Update Ketika Menggunakan WiFi Indihome? Ini Solusinya

// // 2 comments
Hallo teman-teman, sudan lama sekali saya meninggalkan blog saya treinta ini. Dan tiba-tiba saya santa rindu sekali untuk menulis, entah menulis apapun itu. Sebenernya saya pengen sih coba-coba jadi penulis. Ya walaupun penulis itu bukan hanya bisa sekedar coba-coba. Dari pada membuang waktu sia-sia hanya untuk scroll di sosmed, mending nulis sesuatu sih, mungkin pengalaman pribadi atau opini atau bahkan imajinasi yang bisa saja jadi cerita fiksi.



Oh iya, tapi jangan khawatir. Untuk di blog ini, saya akan tetap sharing berbagai hal tentang teknologi. Nah, kali ini saya akan membuat sebuah tutorial yang berhubungan dengan Chromecast. Ini sesuai pengalaman saya beberapa waktu lalu, dimana saya membeli produk ini, kemudian ketika saya setup dengan konek ke WiFi Indihome, pada waktu update tidak ada pergerakan sama sekali alias stuck. Nah, gimana solusinya? Baca terus sampai selesai ya.

Apa itu Chromecast? 
Chromecast adalah adalah sebuah adapter atau dongle HDMI yang biasa digunakan pada sebuah HDTV. Chromecast dibuat oleh Google dengan fungsi utama untuk streaming video atau music dari internet serta jelajahi internet. Ini berarti kita harus ada jaringan internet agar Chromecast dapat berfungsi.

Apa penyebab Chromecast tidak bisa update dengan WiFi Indihome?
Nah, ini belum jelas sampai sekarang apa penyebabnya. Tapi saya punya sebuah spekulasi yang bisa dikatakan sebagai penyebab Chromecast tidak bisa update dengan menggunakan WiFi Indihome. Kemungkinanya adalah, Google tidak mendaftarkan IP tempat update Chromcast ke DNS server dan tidak memakai SSL di servernya, sedangkan Indihome, menurut tulisan orang yang pernah saya baca (lupa siapa, jadi moon maap uncredit) Jaringan Indihome itu membaca header dari HTTP nya, dan karena tidak menemukan host dari link tersebut, maka Indihome akan meredirect ke Mercusuar. Mungkin yang hebat di jaringan bisa ngetes pendapat ini ya. Tapi ini hanya spekulasi saya saja sih.

Lalu bagaimana solusinya?
Solusinya gimping banget, pada waktu update pindah saja jaringan internetnya ke provider lain. Nah, saya akan kasih cara gimana mengkoneksikan Chromecast dengan tethering HP pada saat update, kemudian mengembalikan lagi ke jaringan WiFi Indihome pada saat selesai update. Ikuti langkah - lngkah berikut ini.

1. Siapkan 2 buah HP ( pastikan yang satu ada paket datanya untuk update Chromecast ). Anggap saja HP yang ada paket datanya itu HP A, kemudian satunya lagi HP B.
2. Lakukan Tethering pada HP A.
3. Reset Chromcast dengan cara tekan tombol pada Chromecast hingga kedipnya berhenti, kemudian tekan lagi sampai Chromecastnya mati.
4. Tunggu beberapa saat, Chromecast akan reboot / restart berulang-ulang (mungkin sekitar dua kali).
5. Setelah itu, Anda akan diminta untuk setup ulang Chromecast tersebut. Pastikan HP B sudah terinstall aplikasi Google Home. Kalau belum, silakan install dari link berikut. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.chromecast.app

6. Jika sebelumnya Anda belum pernah mensetup Chromecast, langsung menuju langkah ke 8.
7. Hapus Chromecast yang lama, dengan cara klik Chomecast yang sudah terpasang, klik simbol gear, kemudian klik remove device.
8. Lakukan setup ulang Chromecast dengan cara klik tombol + (Add). Pilih set up device, maka HP Anda akan menscan Chromecastnya. Setelah itu inuti petunjuk yang ada.
9. Pada saat memilih WiFi, pilih jaringan hasil tethering dari HP A tadi. Kemudian  lanjutkan hingga proses setup selesai.
10. Setelah selesai setup, Chromecast otomatis akan melakukan update. Tunggu sampan proses update selesai.
11. Nah, setelah selesai update, pindah lagi ke WiFi Indihome Anda dengan cara ulangi langkah 1 sampai 8. Kemudian pada saat memilih jaringan WiFi, pilih jaringan WiFi Indihome Anda.
12. Setelah itu, ikuti langkah yang ada dan taraa, Chromcast Anda sudah siap untuk digunakan.

Oke, sekian dari saya. Bila Anda terbantu, saya hanya mengharapkan klik dari Anda sebagai donasi untuk saya. :)

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya. :D


2 comments: Leave Your Comments

  1. gan kalo netflix di google chromecast pake lewat indihome ngatur vpn nya gimana gan?

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)