Sunday, October 13, 2013

Mengatasi Bootloop Tanpa Flash Ulang ROM | Aroma File Manager

// // 28 comments

Pernahkah Anda mengalami kegagalan push system? Ketika Anda salah merubah permission di system atau gagal editing system Android, terutama System UI dan framework-res. Dan ketika itu pula Anda lupa belum melakukan backup Nandroid? Saya memiliki solusinya.



Gimana solusinya? Sabar dulu, saya akan memperkenalkan sebuah system recovery yang berbasis file manager. AROMA Filemanager ini lah yang saya maksud. File manager ini asli buatan anak bangsa, anak Indonesia, yakni Ahmad Amrullah atau yang biasa disapa amarullz (www.amarulz.com). Belau adalah orang asal Bandung yang menggemparkan forum xda developer dengan AROMA Installer-nya yang dirilis sebelum AROMA Filemanager ini.

Berbicara tentang AROMA Filemanager, file manager ini mempunyai kode nama yang unik yakni menggunakan alat-alat musik tradisional asli Indonesia. Sedangkan untuk AROMA Installernya menggunakan nama-nama bunga asal Indonesia. Dengan adanya developer Indonesia ini, semoga Indonesia semakin dikenal di dunia. Baik negaranya maupun budayanya.

Apakah ada spesifikasi khusus dari device agar bisa menggunakan AROMA Filemanager ini? Ya, AROMA Filemanager ini hanya support dengan device yang sudah mendukung ARM. Karena file manager ini bisa memfungsikan touch screen-nya walau berada di system recovery.

Oke langsung saja, ketika Anda akan mencoba push ke system, ada baiknya untuk membackup dulu file systemnya. Kemudian baru Anda push ke system. Lalu jika Anda gagal, silakan ikuti langkah berikut.

  • Download AROMA Filemanager V1.91 (Untuk Andromax U LE silakan download versi ini, thanks to Mozfet Puma)
  • Masukkan ke SD-Card Anda
  • Masuk ke CWM
  • Install zip AROMA Filemanager yang telah Anda download tadi seperti biasa. (nama file: aromafm-1.91.zip)
  • Sekarang Anda sudah bisa mengakses/mengexplore system HH Anda. Silakan cari kesalahan Anda tadi dan kembalikan seperti semulu sehingga Anda terbebas dari bootloop.
  • Untuk informasi lebih lanjut, silakan langsung mengunjungi thread xda-nya. (http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1646108)
Jika Anda stock di bootanimation gara-gara xposed installer, Anda cukup flash dari CWM flashable yang sudah disediakan oleh xposed installer yang bernama xposed-disabler-CWM.zip . Biasanya otomatis berada di SD-Card Anda ketika Anda menginstall xposed installer.

Sekian sedikit tips dari saya, semoga bisa membantu semuanya :D
Thanks to Ahmad Amrullah



28 comments: Leave Your Comments

  1. aroma fm jalan di max u le gak om kamal?

    ane pernah coba aroma installer nya gak jalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah ada link buat max ule gan.. tetapi bugnya tampilan terbalik kayak cwm..

      Delete
  2. gan ane uda coba instal tp gak mau instalatios aborted ditulis gan. ada solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dr cwm gan.. klo gk gitu file agan corrupt alias blm selesai download

      Delete
    2. gimana cara instal cwm gan. status hp ane bootloop stuck di logo gan. usb debugging jg dalam keadaan off. ane mau ubah lagi nama folder bin pada system yang sblmnya ane rename. krna setelah ane rename jadi ilang semua dan waktu rebot jd stuck ni gan. :(

      Delete
    3. Flash stock rom gan.. coba search google keywordnya stock rom andromax u le 1.0h

      Delete
    4. ane juga punya persoalan kayak gitu bang. tapi ane pake HH lenovo p770. maksudnya stock rom itu gimana ? tolong pencerahannya

      Delete
  3. Klo udh diinstal cara gunainnya gmn gan jk terjadi bootloop

    ReplyDelete
  4. Gan mohon bantuannya, saya ada buat rom sendiri ketika proses penginstalan berhenti di fix permissions yg masih jaln 10% lalu ada bacaan sukses, lalu ada perintah ubtuk wipe dalvic cache saya lakukan terus reboot tp bootloop, gmn mencari letak kesalahnnya ya gan

    ReplyDelete
  5. Gan ini buat max U dual core bisa ga..?

    ReplyDelete
  6. gan sy ada mslah dgn cyrus glory g1000 ni,kmren pas drootexplore langsung ada tlsan kegaglan sytem UI,it gmn cr mmperbaikinya,krn ane bnr" awam sm android?

    ReplyDelete
  7. mhon bntuannya agan skalian.tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah bisa gan?? ane juga sama g1000 bootloop

      Delete
  8. bisa diinstal tapi kok...folder systemnya g bisa kebuka ya..??
    apa yang salah ....

    ReplyDelete
  9. Xposed instaler apa bisa bwat andromax v gan

    ReplyDelete
  10. terimaksih bos pny ane dah bisa, tp gk tw cra gunainny. apa cache ny hrus d hapus ya??

    ReplyDelete
  11. Syang nya gak bisa file" system maupun data :'( adakah solusi ??

    ReplyDelete
  12. klow blum punya CWM bisa gak????

    ReplyDelete
  13. gan, mhon bantuanya klo hh ane andromax z udah di root . keadaannya bootlop ga bisa ke menu klo di restart. gmn y? usb debugnya keadaan " off "
    bisa manfaatin micro sd untuk custom stock rom ga ya gan klo kya gtu?

    ReplyDelete
  14. gan , kok hp saya cyrus gloty stuck setelah muncul tulusan " CYRUS " . dan gak mau masuk ke sistem :(

    ReplyDelete
  15. gan hp saya mito a390 saya sudah instal aroma file manager tapi masih aborted tolong pencerahannya

    ReplyDelete
  16. gan saya mau nanya ni.. cara flash room tanpa usb debug bisa gak gan ?

    ReplyDelete
  17. CWM itu apa gan ane lom ngerti ma'lum newbi

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)