Saturday, October 19, 2013

Tutorial Mudah Pasang CWM di Andromax U Limited Edition

// // 30 comments


Bagi newbie, tentunya hal ini sangat asing. Apakah itu CWM dan gunanya untuk apa? Dan banyak yang bingung bagaimana cara memasang CWM dengan benar. Untuk itu, saya membuat sedikit tutorial cara memasang CWM dengan mudah di HH Andromax U Limited Edition.



Apa itu CWM? Apa fungsinya? CWM adalah sebuah recovery yang telah dimodifikasi sehingga kita bisa menginstall/flashing file berbentuk zip tanpa membutuhkan verifikasi. CWM sendiri mempunyai banyak fungsi. Dari install/flashing flashable zip, backup system dan data, wipe cache, reset factory dan masih banyak lagi. Intinya jika stock recovery yang dimodifikasi sehingga mempermudah user ketika HH bermasalah.

Kenapa harus dipasang CWM? Karena kebanyakan stock recovery di-lock atau hanya memberikan sedikit fasilitas sehingga membuat user kesusahan ketika berada dalam masalah, misalnya lupa password, salah push ke system, salah mengganti permission di system framework dll.

Apakah berefeksamping di HH? Tidak, ini malah akan mempermudah bagi Anda yang suka mengoprek dan mengedit HH Android sesuka Anda. Hal ini karena CWM merupakan alat recovery yang mudah digunakan dan memiliki banyak fasilitas yang mudah dijalankan dan dipahami.

Dalam postingan ini, saya akan memberikan tutorial memasang CWM pada HH Andromax U Limited Edition. Silakan sediakan bahan berikut.

Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka Terminal Emulator. Jika meminta akses root silakan pilih grant atau accept.
  2. Ketikkan su kemudian tekan enter.
  3. Ketik dd if=/sdcard/cwm-ule.img of=/dev/block/mmcblk0p13 kemudian tekan enter. Ingat mmcblk0p13 itu terdapat angka nol bukan hufur o.
  4. Buka Root Explorer masuk ke /system/ect/ cari file install-recovery.sh kemudian rename menjadi install-recovery.sh.bak
  5. Silakan matikan HH Anda.
  6. Masuk ke Recovery dengan menekan tombol power dan vol +. Saya ada tips agar mudah masuk ke mode recovery. Tekan power hingga muncul logo smartfren kemudian tekan dan tahan tombol vol + hingga masuk recovery mode.
  7. Jika berhasil maka ada logo CWM dan tampilannya terbalik.
Sekian tutorial dari saya jika ada pertanyaan silakan berikan komentar. :D

Thanks to Julian Saptahari



30 comments: Leave Your Comments

  1. nahhh ini dia gan kamal yg penting... 1 langkah bwat kmn2... hahaha

    ReplyDelete
  2. Gan,, kayaknya terjadi kesalahan ane pas nyoba. File install-recovery.sh bukannya ane rename,, malah ane "execute".
    Trus cara balik ulang lagi gmn gan??

    Mohon bimbingannya..
    Ty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Install-recovery.sh itu untuk mengembalikan ke stock recovery.. Bisa dibilang buat uninstall cwm.. Jd silakan ulangi lg dr awal untuk install cwm

      Delete
  3. Siang gan,
    Maaf ini sblmnya, saya mau tanya udah beberapa kali saya coba ketik langkah2 nya seperti yg ada di blog agan di terminal emulator, tp knapa kq muncul tulisan "cannot open for read: no such file or directory".
    Mhn d bantu gan, ane br masalahnya dlm hal ini...
    Trima kasih...

    ReplyDelete
  4. hihihi... ane coba backup lewat cwm gatot bro... terpaksa lewat pc dah...
    kira2 agan tau gak apa penyebabnya... Hmmmm

    ReplyDelete
  5. Gan linknya tutorialnya apa gan????
    tlong di share OM klau samsung ad gak linknya? galaxi s4

    ReplyDelete
  6. Tutorialnya kurang instruksi download dan instal Recovery Manajer tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ush pkek recovery manajer bsa gan.. itu cuman buat msuk ke cwm dr app..

      Delete
  7. gan kok instal recovery.sh gak bisa diubah ..

    ReplyDelete
  8. Gan pas coba,ko pas udh mau keluar terminal emulator,ko langsung force clos
    Dan langsung reboot sendiri ...tolong pencerahanya gan !

    ReplyDelete
  9. Gan.. klo install-recovery.bak nya kehapus gmn cara balikin ke stock recovery ya?? Mohon bantuannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal install stock rom-nya aja gan.. nanti pas akhir penginstallan ada pertanyaan disable flash stock recovery pilih no

      Delete
  10. gan untuk andromax u bisa di unlock ndak gan supaya bisa ganti kartu flexi

    ReplyDelete
  11. gan mastah kok max ule ane tiba2 mati ya kalo selesai ngetik perintah di terminal emulator yg ditahap ke 3 trus aplikasinya hilang semua kyk udah di wipe data....mohon pencerahannya mastah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya tidak mati kalau perintahnya bener.. coba cek ulang gan :)

      Delete
  12. gan saya punya u le, saya gatau apa2. beli bekas gan. room kitkat, sepertinya cacat roomnya, dibuat internetan itu lelet banget. kalo mau balikin bawaannya gimana ya mastah? mohon bantuannya terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sementara googling dlu gan.. mungkin saya akan buat postingan tentang itu :D

      Delete
  13. GAN sy udah install cwm sesuai petunjuk cmn file cwm ule.img sy rename jdi recovery.img dan hslnya tampilan cwm ga kebalik cmn ga ada menu advan untuk dalvik chace nya...apa cwm sy gagal gan?

    ReplyDelete
  14. Gan, ane udah lkiun seperti petunjuk di atas.
    tapi pas masuk ke recovery mode kog gak ganti sma cwm recovery ya...?
    mohon petunjuknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diulangi lagi gan.. harusnya bisa.. n ini khusus andromax u le..

      Delete
  15. bang kok punya saya "unfortunately error launcher" atau go keyboard terus banyak dah di oke balik lagi teru tiba tiba reset mancet dilogo maxulenya yang ke 2 udah aku coba berkalikali
    setiap gagal saya wipe di stock recovery

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kejadiannya abisnya diketik yang di terminal emulator
      adagak cara lain? mohon pencernaannya

      Delete
    2. Seharusnya habis diketik gk restart gan.. coba googling dulu.. ada cara install cwm lngsung lwat system update

      Delete
  16. HH ane bootlop Gan
    Pencerahan dong

    ReplyDelete
  17. bagaimna cara mengetahui mmcblk0p13..aku punya tablet advan t3b.. mohon bantuannya terima kasih.

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)