Sunday, April 27, 2014

Cara Agar Hanya Aplikasi Tertentu yang Bisa Menggunakan Paket Data (Konek) | Android FireWall

// // 1 comment

Anda sering kehabisan kuota internet gara-gara aplikasi background yang selalu berjalan dan "diam-diam" terkoneksi dengan internet? Lalu Anda merugi sekian kuota karena kuota Anda terbuang oleh aplikasi-aplikasi tersebut? Saya punya sedikit tips untuk Anda.


 Apakah tipsnya?
Tipsnya adalah gunakan aplikasi firewall untuk Android Anda. Sistemnya seperti di Windows, jadi hanya aplikasi-aplikasi yang Anda izinkan saja yang bisa terkoneksi ke Internet.

Apa saja syaratnya?
Syaratnya HH Anda harus sudah diroot. Karena Firewall membutuhkan akses superuser untuk bisa memanajemen sistem dan aplikasi yang terkoneksi ke Internet.

Apakah bisa untuk jaringan wifi?
Bisa, firewall bisa digunakan untuk koneksi data Anda dan juga Wi-Fi.

Gimana sih caranya?
Caranya cukup simple. Silakan ikuti petunjuk berikut.


  • Download aplikasi firewallnya, di sini saya menggunakan DroidWall. Bisa di download di Playstore. (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.googlecode.droidwall.free)

  • Buka aplikasinya, dan silakan pilih grant atau ijinkan jika diminta akses superuser.
  • Lihat di bagian atas terdapat judul Whitelist. Itu menandakan Anda akan memilih aplikasi mana yang bisa terkoneksi ke Internet.
  • Di menu pilihan (checklist) sisi kiri adalah untuk Wi-Fi sedangkan yang sisi kanan untuk paket data.
  • Jika sudah, tekan menu kemudian pilih Firewall Disabled sehingga berubah menjadi Firewall Enabled.
  • Jika suatu saat Anda ingin melakukan perubahan, tinggal pilih aplikasi yang ingin Anda hubungkan ke internet kemudian pilih menu, lalu pilih Apply Rules. 
Rekomendasi dari saya, pilih saja aplikasi jejaring sosial yang terkoneksi untuk paket data. Sedangkan untuk Wi-Fi pilihlah semua aplikasi dengan cara mencentang All Apps.

Jika Anda ingin mendownload aplikasi dari Playstore dengan paket data, Anda harus memilih aplikasi Playstore dan Download Manager.
Jika Anda sedang bermain Game Online yang membutuhkan akses login Google misalnya Clash of Clan, Anda harus memilih aplikasi game itu sendiri dan Google Play Services.

Sekian tips dari saya untuk Anda, semoga bermanfaat.


1 comment: Leave Your Comments

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)