Saturday, September 14, 2013

Tutorial Decompile dan Recompile File APK

// // Leave a Comment


Pernahkah Anda berpikiran untuk mengedit HH Anda? Pernahkah Anda berkeinginan untuk merubah penampilan HH Anda menjadi style/buatan Anda sendiri? Emang bisa? Jawabnya jelas-jelas bisa dan pasti bisa. Karena Android adalah Sistem Operasi open source jadi memudahkan kita untuk mengedit isi OS Android tersebut. Dan ini sangat berguna untuk membuat sebuah custom ROM di mana kita harus banyak-banyak decompile file apk kemudian recompile lagi.


Lalu apa efek sampingnya?  Jika Anda melakukannya dengan benar, maka tidak akan ada efek samping pada HH Android Anda. Tetapi jika Anda melakukannya dengan tidak semestinya, maka HH Anda bisa bootloop. Apa itu bootloop? Bootloop adalah kondisi HH Anda yang booting terus-terusan sehingga Anda tidak dapat mengakses HH Android Anda. Lalu bagaimana solusinya? Tenang saja, bootloop adalah hal biasa dalam hal mengotak-atik Android. Solusinya ada dua, yang pertama menginstall ulang HH Android Anda dengan Stock ROM atau Anda juga bisa merestore backup Android Anda yang sebelumnya sudah di backup via CWM, caranya Anda bisa menengok postingan saya tentang Cara Backup Data Android dan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan Anda juga bisa menengok postingan saya tentang Full ROM Backup HandHeld Android.

Untuk hal ini membutuhkan akses root? Pastinya iya, karena untuk mengedit tampilan HH Android kita harus mengambil beberapa file system seperti SystemUI, framework-res, android.policy, Settings dll. Lalu bagaimana caranya?  Oke, begini caranya.

Siapkan bahan-bahan berikut ini.

1. Download Java SE Development Kit 7u40 di sini. Centang Accept License Agreement, dan klik tipe OS Anda. Misal saya menggunakan Windows x86, maka saya klik jdk-7u40-windows-i586.exe dengan file size 123.46 MB.

2. Download apktool di sini.
3. Download Notepad++ di sini.
4. Download adb driver installer di sini. (9.0 MB)
5. Download Tutorialnya di sini. (Thanks to  Aloysius Adhitya Adhinugraha yang sudah membuat tutorial)


*Catatan, tutorial di atas adalah tutorial untuk New Smartfren AndroTab. Ada beberapa yang beda, yakni:
  • Permission, untuk semua jenis file system, permissionnya kita menggunakan rw-r--r-- baik folder app maupun frmaework.
[*] [*] [  ]
[*] [  ] [  ] 
[*] [  ] [  ] 
  • Untuk icon-iconnya, bisa dicari di folder drawable-hdpi atau drawable-mdpi. Untuk HH Smartfren Andromax U LE berada di folder drawable-hdpi.

Sebelum masuk ke file tutorial, lakukan langkah berikut.
  1. Buka Adb Driver Installer.
  2. Koneksikan HH Android Anda dengan USB ke Komputer.
  3. Masuk ke pengaturan, Developer Options, centang USB Debugging (4.0+) atau masuk ke pengaturan, Applikasi, Pengembang, centang USB Debugging (2.2+)
  4. Tunggu hingga adb driver installer membaca HH Anda. Kemudian klik Install.
  5. Setelah selesai lanjut menuju file tutorial untuk pull dll.
Baca dokumen tutorial pelan-pelan hingga Anda paham. 

Sekedar tips dan info
  • Untuk file berakhiran 9.png anda tidak bisa sembarangan mengeditnya. Lihat tutorialnya di sini.
  • Untuk tutorial edit-edit systemUI, framework-res dll silakan kunjungi forum.xda-developers.com atau di sini.
Selamat mencoba :D lihat hasil editan saya. 




0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)