Friday, September 6, 2013

Cara Backup Data Android

// // 15 comments


Bicara soal backup data Android tentunya tidak lepas dengan yang namanya upgrade atau install custom rom Android. Di sini saya memiliki tips bagaimana cara ketika kita selesai instalasi ROM Android data kita akan kembali seperti semula.



Di sini saya memiliki dua cara, yang pertama melalui aplikasi yang tentunya Android Anda harus root dan yang ke dua melalui CWM Recovery. Apa keunggulan dan kelemahannya? Sebenarnya sama saja, tetapi ada sedikit perbedaan. Yang pertama, yakni aplikasi digunakan apabila kita akan menginstall ROM dan mengembalikan semua aplikasi yang kita backup tadi. Sedangkan yang kedua, yakni CWM Recovery digunakan ketika ROM yang akan kita install ternyata bermasalah atau ketika anda ingin kembali ke ROM sebelumnya (sebelum install ROM baru).

Oke, untuk cara yang pertama saya rekomendasikan untuk aplikasi yang tidak berada di system atau bawaan ROM. Karena biasanya kalau kita ganti ROM ada beberapa aplikasi yang tidak compatible dengan ROM yang baru tersebut. Cara pertama ini kita akan menggunakan Titanium Backup.


Berikut adalah caranya:

  • Pastikan Android Anda sudah di root
  • Download dan install Titanium Backup di Playstore tetapi jangan dibuka dulu, berikut linknya (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keramidas.TitaniumBackup)
  • Buka setting, kemudian masuk ke Developer options. Centang USB debugging.
  • Kemudian buka Titanium Backup. Tekan menu dan pilih Batch actions.
  • Pilih mode backup Anda dengan mengklik run. Saya rekomendasikan untuk memilih app+data. Catatan: untuk system+app+data nanti akan muncul nama aplikasi yang berwarna merah, aplikasi tersebut adalah aplikasi system. Untuk membackup file system Anda memerlukan Bussybox Installer (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrummy.busybox.installer)
  • Pilih aplikasi yang akan Anda backup. Kemudian klik tanda centang di pojok kanan atas.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.
Untuk merestorenya silakan ikuti langkah berikut.

  • Pastikan Android Anda sudah di root
    • Download dan install Titanium Backup di Playstore tetapi jangan dibuka dulu, berikut linknya (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keramidas.TitaniumBackup)
    • Buka setting, kemudian masuk ke Developer options. Centang USB debugging.
    • Kemudian buka Titanium Backup. Tekan menu dan pilih Batch actions.
    • Pilih mode restore Anda dengan mengklik run. Saya rekomendasikan untuk memilih app+data. Catatan: untuk system+app+data nanti akan muncul nama aplikasi yang berwarna merah, aplikasi tersebut adalah aplikasi system. Untuk merestore file system Anda memerlukan Bussybox Installer (https://play.google.com/store/apps/details?id=com.jrummy.busybox.installer)
    • Pilih aplikasi yang akan Anda restore. Kemudian klik tanda centang di pojok kanan atas.
    • Tunggu sampai prosesnya selesai.
    Sedangkan cara yang kedua dengan menggunakan CWM Recovery.


    • Cari CWM Recovery di google dengan keyword CWM Recovery "nama HH dan merk Anda". Kenapa saya tidak menyediakan link secara langsung? Karena sepengetahuan saya, setiap HH memiliki system yang berbeda. Jadi untuk CWM Recovery sendiri juga berbeda-beda.
    • Setelah selesai ikuti saja langkah yang ada pada search result yang Anda peroleh. Biasanya install lewat Stock Recovery dengan menekan beberapa tombol pada saat HH Anda dalam keadaan mati.
    • Setelah selesai matikan lagi HH Anda, kemudian masuk ke Recovery mode lagi. Jika berhasil maka tampilannya akan berbeda dari sebelumnya (stock recovery). Yang jelas ada icon CWM (ClockWork MOD)
    • Masuk ke menu backup and recovery, pilih backup, pilih yes dan tunggu sampai selesai. Setelah selesai silakan reboot HH Anda. Bagaimana cara mengetahui file yang di backup? Gampang saja, masuk ke sdcard, lalu cari folder clockwork atau clockworkmod. 
    Lalu bagaimana cara merestorenya? Ikuti langkah berikut:
    • Masuk ke CWM Anda
    • Pilih backup and restore
    • Pilih restore
    • Pilih file resote Anda (Biasanya berupa tanggal)
    • Tunggu hingga selesai
    • Kemudian reboot
    Mudah bukan? Saya juga memiliki beberapa sumber tentang CWM untuk beberapa jenis HH. Silakan kunjungi http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1773227 untuk selengkapnya.


    15 comments: Leave Your Comments

    1. Saya melakukan back up pake titanium mengikuti langkah2 diatas. Setelah itu saya lakukan factory reset karena alarm tidak berfungsi. Setelah reset saya mau restore apps+data menggunakan titanium lagi, tapi sepertinya tidak bisa, Proses restorenya tidak berjalan, seperti hang gitu.

      Apa ada yang salah?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Begini mas, memang sebagian file yang dibackup (terutama file system) itu ditolak oleh sistem ketika direstore. Jadi lebih baik backup yang data saja jangan dibagian system. :)

        Delete
      2. Tks infonya.

        Kalau back up aplikasi2 yang sudah di download dari PS apa bisa pakai titanium? Atau harus di download ulang apabila kita melakukan factory reset?

        Delete
      3. maaf mas baru bisa komen bales komen. Inet q lemot T.T

        Bisa gan,, saya kalau gonta ganti ROM selalu pkek titanium backup buat restore app saya yang dulu. Tapi memang ada beberapa yang ditolak system seperti MAPS..

        Delete
    2. ada lagi gan untuk backup via PC bisa menggunakan aplikasi moborobo

      ReplyDelete
      Replies
      1. moborobo gak bisa backup Nandroid gan setau saya.. Cuman bisa pkek CWM klo backup Nandroid :D

        Delete
    3. gan, kenapa waktu mau restore backup ROM via CWM gagal ya? tulisan nya MD5 mismatch.

      ReplyDelete
      Replies
      1. iya ne gan kasus saya sama seperti agan aditya,,sebelumnya saya pakai ROM OMNI versi kitkat mau saya ganti CMW gagal dan ada tulisan MD5 mismatch,,

        Delete
      2. Coba ganti CWM yang versi terbaru gan.. N pastikan pada saat backup bener2 selesai.

        Sekedar info: untuk MD5 yang mismatch bisa diedit di folder clockworkmod/backup/(tanggal backup)/MD5 nah edit didalam situ dan sesuaikan. Untuk cek MD5 nya pakek root explorer di properties.

        Delete
    4. Mas, saya kmrn uda instal cwm. Kemudian saya pakai untuk pasang cusROm. ternyata mnenui maslah yaiu bootloop, saya update zip dr cwm.. kmudian malah stuck d logo pabrik. yauda saya flash ulang aja ke firmware bawaan 4.0.4
      Setelah d flash knpa cwm nya jg ikut ilang? dan posisi HH menjadi unrooted karena gag ada icon superusernya lagi
      saya liad d SD card ada back up an cwm
      Saya maw restore lwat cwm, tapi malah cwm nya uda gag ada.. apa ada cara buat restore sperti sblmnya? HH saya xperia ray

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pada saat flash via CWM akan selesai biasanya muncul pertanyaan disable flash recovery sama disable unroot.. Nah itu pilih yes semuanya agar CWM tidak hilang dan HH agan masih root. Kalau sudah terlanjur terpaksa harus root ulang dan install ulang CWM nya.

        Delete
    5. mau tanya kalo backup sms dan kontak saja bagusnya pake apa? tapi nanti di restore dari ginger ke jelly bean bisa ga?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau kontak bisa langsung diexport gan.. export to SD Card..
        Kalau sms, saya pakek go sms pro, dan disana ada menu backup nya. Jadi lebih mudah.

        Delete
    6. mas, kalo cara backup sms, kontak, percakapan bbm, percakapan WA apa bisa dengan Titanium ? atau bisa juga dari CWM ?
      soalnya saya perlu backup data itu semua. saat ini saya lagi cari2 rom yg enak buat dipake
      trimssebelumnya

      ReplyDelete
    7. mas, kalo restore foto yg di internal gmana ya ? tapi udah di flash. mohon bantuannya mas ..

      ReplyDelete

    Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik, kritik yang membangun dan saran yang sopan. Agar tercipta kerukunan di dunia maya ini. :D

    Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. :)